Tips Mengatasi Gejala Sistitis

Cara Mengatasi Gejala dan Masalah Sistitis

Sistitis atau infeksi kandung kemih adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing. Infeksi ini dapat terjadi kepada siapa pun baik pria maupun wanita, namun perempuan lebih rentan terkena infeksi ini, sementara pria cenderung jarang terkena sistitis. Mengapa demikian? Karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria.

mengatasi gejala sistitis

Uretra sendiri adalah penghubung antara kandung kemih dan kelamin dan itulah penyebab mudahnya bakteri yang masuk atau berpindah dari kelamin ke kandung kemih. Sistitis juga bisa disebabkan oleh reaksi obat-obatan tertentu serta iritasi dari penggunaan cairan pembersih kewanitaan atau sebagai komplikasi penyakit lainnya. Adapun beberapa cara untuk mencegah sistitis atau infeksi kandung kemih. Diantaranya:

1. Perbanyak Minum Air Mineral

atasi sistitits dengan air mineral

Minum air mineral atau air putih secara teratur setiap hari dapat dijadikan sebagai langkah awal dari pencegahan dan pengobatan sistitis atau infeksi kandung kemih. Beberapa fakta menyebutkan bahwa seseorang dapat meminum air mineral minimal delapan sampai sepuluh gelas perhari untuk membantu menghilangkan bakteri yang dikeluarkan melalui urin. Kurangi juga minuman yang berwarna dan mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda. Kandungan kafein tersebut dapat memperparah sistitis. Selain itu, Anda juga perlu menghindari minuman beralkohol dan mengurangi minuman manis lainnya.

2. Jangan Terlalu Sering Menahan Buang air kecil

jangan menahan kencing

Usahakan jangan terlalu sering menahan berkemih. Karena menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memantau kapan Anda harus buang air kecil untuk menjaga agar tidak menahan lagi buang air kecil.

3. Konsumsi Vitamin C dan Kurangi Asam

atasi sistitis dengan konsumsi vitamin c

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C selain jeruk. Mengapa demikian? Walaupun rasa asam biasanya banyak mengandung vitamin C dan Buah jeruk identik dengan vitamin C, tetapi hal ini bisa menyebabkan kandung kemih menjadi iritasi dengan begitu akan memperparah infeksi kandung kemih yang sedang Anda alami. Anda bisa menemukan Vitamin C dari buah lain seperti buah Jambu. Bahkan buah jambu menduduki peringkat nomor 1 buah yang tinggi akan vitamin C.

4. Gunakan KompresanĀ  Panas

atasi sistitis dengan kompresan panas

Menurut Dr. Rivers yang dikutip dari Everyday Health, menggunakan bantal panas dapat meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih. Caranya dengan mengkompresĀ  tidak langsung mengaplikasikanya ke kulit, gunakan kain sebagai pemisah dan gunakan hanya untuk waktu 15 menit untuk menghindari rasa terbakar.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian dengan bahan yang dapat membuat kulit bernapas, seperti celana dalam berbahan katun, celana longgar bukan dari bahan jeans dan baju longgar. Hal ini diperlukan agar tidak terasa lembap sehinggga bakteri yang hinggap dapat berkurang. Dan jangan biarkan pakaian anda dalam keadaan basah terlalu lama. Ganti secepatnya jika baju Anda mulai basah oleh keringat.

6. Perhatikan Kebersihan Area Kandung Kemih

jaga kebersihan diri

Selalu memperhatikan kebersihan sanitasi yang digunakan. Tidak menggunakan spray atau sabun pembersih kewanitaan, bilas daerah kelamin dengan cara dari depan ke belakang, lalu keringkan. Hal ini dimaksud untuk menghindari kuman yang berpindah ke saluran kencing. Ketika mandi, lebih baik menggunaka shower daripada berendam di bathtub.

7. Terapkan Gaya Hidup yang Sehat

atasi sistitis dengan pola hidup sehat

terapkan gaya hidup sehat dimulai dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, sebaiknya lebih sering mengkonsumsi buah dan sayur. Lebih sering mengkonsumsi air mineral dibandingkan minum minuman yang berperisa atau minuman kemasan. Tidak merokok, selalu berolah raga dengan teratur dan selalu menjaga kebersihan pakaian yang akan dipakai.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi gejala sistitis atau infeksi kandung kemih yang dapat Anda terapkan di rumah dan juga bagi Anda yang sedang menderita sistitis tips ini akan membantu mempercepat penyembuhan. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *