Mencegah Shigellosis

Cara Melakukan Pencegahan Shigellosis

cara mencegah shigellosis

Menjaga kebersihan adalah faktor yang utama dalam pencegahan shigellosis atau disentri basiler yang disebabkan bakteri bernama shigella. Shigela adalah bakteri yang paling sering menginfeksi usus, sekitar 60% kasus disentri yang dirujuk serta hampir semua kasus disentri yang berat dan mengancam jiwa disebabkan oleh bakteri shigella.

Adapun pencegahan yang dapat dilakukan supaya memperkecil risiko tertular bakteri shigella penyebab shigellosis (disentri basiler).

1. Cuci tangan

mencuci tangan

Senantiasa mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun setelah menggunakan toilet, sebelum makan, memasak, menyiapkan makanan, mengganti popok bayi dan kegiatan lainnya yang sekiranya kegiatan yang Anda lakukan tesebut dapat menular atau tertular bakteri shigella. Dan jagalah kebersihan kuku, terutama bagi Anda yang memiliki kuku panjang.

2. Bersihkan toilet

membersihkan toliet

Selalu bersihkan toilet dengan menggunakan cairan disinfektan setelah buang air besar agar terhindar dari penyebaran bakteri dan terlindungi dari penyakit shigellosis.

3. Tidak menggunakan fasilitas yang sama dengan penderita

tidak menggunakan fasilitas yang sama

Tidak menggunakan fasilitas yang sama dengan penderita seperti handuk, peralatan makan, pakaian, dll agar terhindar dari tertularnya disentri basiler. Dan juga pisahkan pakaian penderita saat dicuci dan cuci pakaian pengidap dengna air panas.

4. Jangan keluar rumah

tidak keluar rumah

Penderita disentri basiler atau shigellosis sebaiknya tidak keluar rumah selama 48 jam setelah periode disentri berakhir, hindari konsumsi minuman botol dengan segel yang rusak, dan hindarilah minum air langsung dari keran. Jika ingin minum, rebus terlebih dahulu air yang akan dikonsumsi.

5. Menjaga makanan

menjaga makanan

Hindari konsumsi makanan mentah, seperti karedok. Jika ingin mengonsumsi buah-buahan, pilihlah buah dengan kulit yang bisa dikupas. Jauhi juga makanan yang tidak terjamin, misalnya makanan yang dijual pedagang kaki lima dan hindari konsumsi es batu yang terbuat dari air mentah.

Itulah beberapa macam tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tertular bakteri shigella yang dapat menyebabkan disentri basiler atau shigellosis. Mungkin Anda bisa mencoba tips tersebut di rumah, semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *